Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Posted on 05/11/2014, by

Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) , Senin 27 Oktober 2014 dilantik Presiden Joko Widodo  menjadi Menteri Kesehatan RI periode 2014-1019 – Kabinet Kerja.

Nila F. Moeloek tidak asing di dunia kesehatan terutama sejak ditunjuk sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk MDG’s semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Di bawah kepemimpinannya, Nila Moeloek menggagas, membangun dan melaksanakan Pencerah Nusantara, sebuah gerakan inovasi sosial bidang kesehatan khususnya pada Puskesmas, Indonesia MDG Awards pada tahun 2011 – 2014, dan peta kemitraan untuk pembangunan yang memuat data kemitraan lintas sektor dan multi aktor untuk mencapai MDGs.

Sebagai seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Menkes Nila F. Moeloek telah menulis lebih dari 250 karya dalam bentuk tulisan maupun buku.  Tidak hanya itu, beliau juga aktif memimpin sejumlah organisasi di Indonesia, seperti Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ketua Dokter Spesialis Mata Indonesia dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia.

Menkes Nila F. Moeloek lahir di Jakarta 11 April 1949. Beliau meraih gelar dokter spesialis mata dari FKUI pada 1974 dan melanjutkan pendidikan superspesialis di University of Amsterdam, Belanda (1980) dan Kobe University, Jepang (1989). Gelar Doktor (cum laude) diraih tahun 2003 dan pada tahun 2007 diangkat sebagai Guru Besar FKUI.

Saat ini beliau juga menjabat sebagai board member The Partnership for Maternal Child and Neonatal Health, sebuah lembaga yang melaksanakan inisiatif strategis Sekjen PBB untuk Kesehatan Ibu dan Anak, serta advisory board member dari EAT Forum, sebuah inisiatif global berfokus pada isu pangan, kesehatan dan sustainability.

Nila F Moeloek  menikah dengan Prof. Dr. Farid Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan 1998-1999  . Beliau dikaruniai tiga putra dan putri, yakni Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, dan Puti Annisa Moeloek serta 6 cucu.

About puskom